7 KEBIASAAN MAKAN BURUK YANG PATUT DIWASPADAI !

7 KEBIASAAN MAKAN BURUK YANG PATUT DIWASPADAI !

7 KEBIASAAN MAKAN BURUK YANG PATUT DIWASPADAI !. Kebiasaan makan buruk disebut dengan bad eating . Kelihatannya kebiasaan ini sering tidak disadari oleh banyak orang . Pada dasarnya , tidak ada orang yang bisa makan dengan asupan yang sempurna sepanjang waktu-, bahkan seorang ahli gizi sekalipun! Tapi ketika kebiasaan buruk menjadi bagian dari hidup Anda, maka  dapat berakhir dengan berat badan yang tidak terkontrol, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan sejumlah potensi masalah kesehatan lainnya. 

Jadi intinya kebiasaan makan buruk itulah  yang membuat Anda dalam kesulitan mengontrol berat badan dan juga menjadi potensi besar timbulnya penyakit.

Berikut adalah kebiasaan makan buruk yang patut diwaspadai :

  • Makan Tanpa Perencanaan

Waktu makan yang terencana  adalah salah factor yang dapat menimbulkan masalah dalam mengontrol berat badan. Idelanya kita makan sehari 3x saja,  namun menit-menit terakhir sebelum tidur , tiba2 ada keinginan untuk makan dan cilakanya Anda malah memesan fast food via gojek , pesan pizza dan makanan2 lainnya diluar jadual makan tersebut diatas. Keputusan2 seperti inilah yang disebut Bad Eating Plan.  Oleh karenanya , Anda harus berani membuat perencanaan makan yang teratur.

  • Cenderung Pulang Membawa Makanan

Ketika Anda makan direstoran, usahakan memesan makanan dengan porsi yang pas, sehingga tidak ada kelebihan makanan yang harus dibawa pulang kerumah, karena saying jika dibuang. Makan yang dibawa pulang kerumah, berarti akan ada sisa makanan yang harus dihabiskan .

  • Terlalu Banyak Makan Bahan Olahan

Makanan dengan bahan olahan adalah kategori makanan yang tidak sehat untuk tubuh kita, karena ada zat pengawet didalamnya, oleh karenanya batasi penggunaan makanan berbahan olahan/makanan kaleng, buang jauh2 kebiasaan makan yang buruk ini, demi kesehatan tubuh Anda loh.

  • Kadar Gula Yang Tinggi Dalam Makanan.

Permen , kue manis dan sejenisnya memang enak jika dipakai sebagai camilan senggang , namun kebiasaan ini adalah preseden buruk bagi peningkatan kadar gula darah dalam tubuh Anda . Hati-hati semakin lama menggunakan makanan tinggi gula , bisa menyebabkan diabetes dan penyakit lainnya sperti halnya kanker dll

  • Makan Pada Saat Kelaparan

Banyak orang keliru mentafsirkan bahwa makan yang baik ketika berasa lapar banget , justru sebaliknya Anda wajib makan ketika belum lapar2 banget, agar ketika makan tidak Nampak bernafsu banget makan selahap2nya , dan plss berhentilah sebelum Anda kenyang. Ini adalah habit makan yang benar dan dijamin tidak akan menambah berat tubuh Anda.

  • Makan  Dengan Porsi Raksasa

Makan dengan porsi raksasa , justru akan merusak proses metabolisme Anda, karena usus harus bekerja lebih keras, idealnya Anda cukup makan dengan porsi kecil dan sering, sehingga Anda tidak mudah merasa kelaparan.

  • Terlalu Banyak Kalori Cair

Ini kebiaasan yang buruk , terlalu banyak minum minuman soda , minuman manis2 , atau minuman soft drinks yang banyak dijual di jalan2 . Minuman ini adalah minuman berkalori tinggi yang akan membuat berat badan susah dikontrol loh. Idealnya biasakan minum air putih yang banyak.

Kebiasaan makan buruk bukan hal yang bisa dianggap sepele , karena ketika kebiasaan buruk ini menjadi bagian dari kehidupan Anda , maka jelas akan banyak penyakit datang menghampiri Anda . Jadi sebaiknya mulai saat ini basmilah kebiasaan makan buruk Anda.

Salam Bugar – rajafitness.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *