Tubuh Fit dan Kebahagiaan Itu Satu Paket !

Tubuh Fit dan Kebahagiaan Itu Satu Paket !

Penelitian menunjukkan ada hubungan antara tubuh fit dan kebahagiaan. Apakah Anda setuju jika dikatakan bahwa dalam fisik atau tubuh fit dan sehat, kebahagiaan lebih bisa dirasakan, dibandingkan , dalam tubuh yang sakit atau tidak fit ? Coba bayangkan jika  tubuh Anda berasa sangat lelah atau capai sekali , bandingkan dengan ketika tubuh Anda dalam kondisi bugar  atau semangat ?  Tentu saja rasanya akan berbeda bukan ?

Tapi tetap pertanyaannya adalah dapatkah kita melatih diri kita bahagia?

Resep Kebahagiaan Bisa Dimulai Dari Tubuh Fit !

Kebahagiaan adalah sebuah konsep yang cukup subjektif. Tapi para peneliti berpikir kebahagiaan ada hubungannya dengan genetika dan berbagai faktor-faktor lingkungan seperti pendapatan, status perkawinan, agama, dan pendidikan. Dan satu besar prediktor kebahagiaan pribadi adalah kesehatan fisik. Kemampuan untuk menangkal penyakit dan penyakit, menjaga keseimbangan hormon, dan mengelola stres semua berkontribusi terhadap kepuasan diri. Itulah salah satu alasan orang-orang yang aktif bergerak biasanya lebih memiliki tubuh yang fit , dibandingkan yang lebih banyak berdiam diri alias tidak melakukan apa2 dalam kehidupannya sehari -hari.

Bagaimana Latihan Fisik Bisa Membuat Orang Bahagia ?

Mengapa ketikan seseorang rajin untuk melatih fisik atau rajin berolahraga mis: jalan pagi atau senam ringan atau konsisten mengunjungi pusat kebugaran tubuh/fitness center, bisa terlihat lebih fit dan wajahnya juga terlihat segar.  Coba kita simak hasil penelitian para ahli dibawah ini deh.

Selama latihan fisik, otak juga melepaskan endorfin, kimia yang dikenal untuk menghasilkan perasaan euforia, sering dikaitkan dengan “pelari tinggi “ (runners high ).  Ternyata diketahui bahwa endorfin memicu pelepasan hormon seks, seperti norepinefrin, yang meningkatkan suasana hati dan menciptakan perasaan enak , lega dan perasaan2 baik lainnya . 

Latihan fisik yang teratur , juga dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan dengan membantu untuk mengurangi stres. Saat kita olahraga, tubuh kita membakar stres hormon kortisol. Terlalu banyak tekanan, dan tingkat tinggi kortisol, dapat meningkatkan perasaan gugup dan kecemasan sedangkan penurunan motivasi dan fungsi kekebalan tubuh.

Sehingga orang-orang yang tetap aktif secara fisik umumnya lebih baik dilengkapi untuk memerangi penyakit dan stres, komponen kunci kebahagiaan.. Beberapa ilmuwan mengatakan hanya 30 menit latihan fisik secara teratur tiap hari telah dapat membantu mengurangi depresi dan kemarahan. Tapi sayangnya tubuh fit tidak selalu bisa membebaskan seseorang 100% dari stress loh.

Salam Bugar – rajafitness.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *